04 Agustus 2021
(0285) 382037
Kajen

Sabtu, 8 Mei 2021 diadakan kegiatan Ramadan Semangat Belajar (Ransel) yang merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara Pekalongan. Kegiatan Ransel ini merupakan kegiatan rutin tahun ke-5. Tema yang diangkat ialah Merayakan Asesmen Menyambut AKM. Menurut Guru Dina Marta Aulianingrum, selaku ketua Ransel 5 pemilihan tema tersebut karena untuk membantu guru dan pemimpin sekolah untuk lebih siap dalam menghadapi Asesmen Nasional yang akan diadakan.


 

“Harapannya banyak guru dan kepala sekolah yang tidak mispersepsi dan melakukan miskonsepsi dalam persiapan menuju Asesmen Nasional.” ujar Guru Dina.

 

Dalam Ransel 5 ada 5 kelas yang diikuti oleh peserta, antara lain : Kelas AKM, Kelas Asesmen Diagnosis, Kelas Pameran Karya, Kelas Pemimpin Merdeka Belajar, dan Kelas Acara Puncak. Beberapa narasumber dihadirkan pada kegiatan Ransel 5 ini, dari Dirjen GTK Kemdikbud, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Ketua Yayasan Guru Belajar, Ketua Kampus Guru Cikal, Ketua KGBN Nusantara, guru dan pemimpin sekolah dari Pekalongan.

 

Kegiatan Ransel 5 dihadiri oleh ratusan guru dari Pekalongan dan berbagai daerah di Indonesia yang antusias dalam belajar.

 

“Inspirasi dari narasumber Ransel 5 ini luar biasa. Banyak ilmu berkait asesmen yang didapatkan.” ujar Guru Rudy salah satu peserta Ransel 5 dari Mojokerto.