06 Juni 2020
(0285) 382037
Kajen

Rapat koordinasi dengan 19 Korwil Kecamatan melalui video conference di aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan rabu 15 April 2020  digelar untuk berkoordinasi dengan 19 Korwil di Seluruh Kecamatan se Kabupaten Pekalongan dan didampingi oleh pengurus Kelompok kerja kepala sekolah (K3S) di masing-masing Korwil.

Rapat koordinasi tersebut menindaklanjuti surat edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan menyampaikan bahwa ujian sekolah pada tahun ini ditiadakan untuk tingkat Sekolah Dasar atau SD beliau juga menyampaikan terkait dengan penerimaan peserta didik baru PPDB di setiap sekolah di wilayah kabupaten Pekalongan wajib untuk mengikuti prosedur tetap dari pemerintah tentang pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Sekolah di tingkat dasar untuk bisa mengatur mekanisme penerimaan peserta didik baru PPDB agar orang tua siswa tidak lebih dari 5 orang yang datang untuk mendaftarkan putra-putrinya di sekolah masing-masing.

Selanjutnya rakor tersebut juga membahas terkait BOSDA (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 5 tahun 2020.

Selanjutnya rapat koordinasi melalui konferensi ini harapannya bisa ditindaklanjuti melalui Korwil Kecamatan untuk ditindaklanjuti juga melalui video conference dengan  kepala kepala sekolah. Terkait dengan Covid-19 ini karena tidak bisa dihindari,  maka proses belajar mengajar agar tetap berjalan, dengan catatan tidak menargetkan pencapaian kurikulum yang sesuai dengan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 4 tahun 2020, terkait dengan kecakapan hidup agar dapat disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid- 19. Kemudian guru dan kepala sekolah yang bertanggung jawab terkait dengan proses pembelajaran ini diharapkan dapat berkreasi untuk berinovasi terkait dengan pemberian tugas kepada peserta didik agar tetap memperhatikan kondisi, akses geografis dan demografis.