24 Februari 2020
(0285) 382037
Kajen

Kirab Budaya menjadi salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke - 397 yang bertemakan Kabupaten Pekalongan sengkuyung. Acara yang di gelar pada hari Minggu tanggal 25 Agustus 2019 mengambil Start dari Kantor Kecamatan Kedungwuni dan Finish di Pendopo Kabupaten Pekalongan

Ribuan warga pekalongan memadati area Kantor Kecamatan Kedungwuni dan sepanjang jalan menuju stadiun Widya Manggala Krida, Kedungwuni Pekalongan.

Mereka antusias menanti momen spesial HUT ke-397 Kabupaten Pekalongan Ribuan orang itu menantikan kirab budaya yang bertemakan "Wahyu Tumurun".

Tak hanya di area sekitar Kantor Kecamatan Kedungwuni, masyarakat juga berjejer di tepi jalan hingga lokasi akhir kirab di Pendopo Kajen.

Mereka tampak berdesakan agar bisa melihat iring-iringan kereta kuda yang membawa pejabat daerah setempat, mulai dari bupati, wakil bupati, Forkompinda hingga camat.

Totalnya, ada 25 kereta kuda dan 19 mobil yang terlibat dalam kirab.

Sebelum kirab, Sabtu (24/8/2019), Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi berziarah ke Makam Ki Ageng Cempaluk, pendiri Kabupaten Pekalongan.

Jelang kirab, berbagai prosesi juga digelar.

Di antaranya penyerahan pusaka dan bibit pohon asam yang kemudian ditanam di Lapangan Kecamatan Kedungwuni.

Prosesi lainnya adalah penyerahan Mapanji Cempaluk dari sesepuh setempat.